Selasa (12/02/2019) Tim Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI yang terdiri dari 5 (lima) orang ini diketuai oleh Bapak Drs. H. Taufiq Hamami, S.H., yakni Hakim Tinggi Pengawas pada Bawas Mahkamah Agung RI, dengan anggotanya Bapak Drs. H. Muhammad, S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengawas pada Bawas Mahkamah Agung RI, Sekretaris Bapak Yusuf, S.E., Ak., C.A., Auditor pada Bawas Mahkamah Agung RI, Arsiparis Bapak Bram Budi Nurcahyo, S.E., Ak., M.H., Arsiparis pada Bawas Mahkamah Agung RI serta Staf Pemeriksa Ibu Dewi Putri Noviandari, S.Kom. Staf  pada Bawas Mahkamah Agung RI melakukan monitoring/pembinaan di PA Sibolga atas Pemeriksaan Reguler pada tanggal 5 Mei sampai 9 Mei 2014. Monitoring/pembinaan dari tim Bawas ini dilaksanakan di gedung kantor Pengadilan Agama Sibolga, yang akan berlangsung dari tanggal 12 Februari 2019 sampai dengan 15 Februari 2019 sebagaimana tertera dalam Surat Tugas nomor 73/BP/ST/II/2019 yang ditandatangai oleh Kepada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI tanggal 11 Februari 2019.

Kedatangan tim Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI disambut dengan hangat oleh Ketua Pengadilan Agama Sibolga, Bapak Mhd. Harmaini, S.Ag, S.H, Hakim Pengadilan Agama Sibolga, Endang Rosmala Dewi, S.Ag. M.Ag., dan Ahmad Hidayatul Akbar, S.HI. M.H., Sekretaris Ibu Maharani, S.Si serta Panitera PA Sibolga, Ibu Hj. Madinah Pulungan, S.Ag.

Dalam sambutannya di ruang Ketua PA Sibolga, Ketua menyampaikan selamat datang di Pengadilan Agama Sibolga dan memberikan kesempatan seluas-luasnya dalam rangka melaksanakan monitoring/ pembinaan di Pengadilan Agama Sibolga. Beliau juga menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Sibolga telah berusaha maksimal dalam menyelenggarakan peradilan yang baik dan benar namun tentu saja ada kekurangan, dan jika ke depannya nanti terdapat temuan dari tim Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI maka Pengadilan Agama Sibolga siap memperbaiki dan menindaklanjuti temuan tersebut.

Ketua tim Pengawas Bapak Drs. H. Taufiq Hamami, SH mengarahkan jika kedatangan team pengawas adalah dalam rangka monitoring/pembinaan atas Pemeriksaan Reguler pada tahun 2014 yang lalu serta  Audit kinerja Pengadilan Agama Sibolga berkaitan tentang temuan BPK, BPKP dan SIMAK BMN serta memantau pelaksanaan Perma nomor 9 tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan lingkungan peradilan di bawahnya serta Melakukan monitoring terkait kedisiplinan aparatur, kebersihan lingkungan kantor dan pelayanan publik, serta melakukan opname brankas, uang konsinyasi atau uang titipan pihak ketiga, dan hasil pengawasan ini akan dilaporkan kepada kepala Bawas Mahkamah Agung RI untuk menjadi pertimbangan dalam Rapat Promosi Mutasi nanti.

 

Kemudian Tim Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI menuju ruang sidang untuk menyampaikan sambutan dan perkenalan kepada seluruh Pegawai PA Sibolga. Setelah memperkenalkan satu-satu anggota tim serta tugas-tugasnya pada monitoring/pembinaan, Ketua tim kemudian meminta izin kepada Ketua PA Sibolga untuk menggunakan ruang sidang sebagai tempat untuk melaksanakan monitoring.

Kedatangan kami di sini janganlah menjadi beban bagi Pengadilan Agama Sibolga, kami bukan datang untuk mencari-cari kesalahan. Mudah-mudahan hasil monitoring kali ini berjalan lancar karena hanya ada dua temuan yang perlu ditindaklanjuti. Kalaupun nanti ada temuan baru maka itu adalah sebuah pembinaan agar Pengadilan Agama Sibolga menjadi semakin baik lagi.” Ujar Ketua Tim Badan Pengawasan (Bawas) Mahkamah Agung RI tersebut dalam sambutannya.

            Selanjutnya agenda dilanjutkan dengan pemeriksaan laporan hasil tindak lanjut pengawasan reguler tahun 2014 yang lalu serta pemeriksaan buku induk register perkara tahun 2014. Sampai berita ini diturunkan pada pukul 14.58 WIB, pemeriksaan di PA Sibolga masih berlanjut. (humas PA Sibolga: Ahmad Hidayatul Akbar)

 

BannerMaker 10122018 114628