Kamis (21/03/2019) bertempat di halaman Masjid Agung Kota Sibolga, Pengadilan Agama Sibolga diwakili oleh Ahmad Hidayatul Akbar, S.HI. M.H., (Hakim PA Sibolga) menghadiri penutupan MTQ ke 47 Kota Sibolga. Penutupan ini merupakan rangkaian acara dari acara Pelantikan Dewan Hakim, Pawai Taaruf, Pembukaan MTQ ke-47, perlombaan (musabaqoh) mulai dari Khattil Qur’an tulisan buku/naskah, Khattil Qur’an hiasan mushaf, Khattil Qur’an dekorasi, Tilawah Anak, Makalah Ilmiah Al-Qur’an, Hifzil Qur’an 1 juz, Syahril Qur’an, dan Tartil Qur’an.

MTQ ke-47 Kota Sibolga ini di ikuti sebanyak 4 kafilah dari masing-masing kecamatan se-Kota Sibolga yaitu Kafilah Kecamatan Sibolga Kota, Kecamatan Sibolga Sambas, Kecamatan Sibolga Utara dan Kecamatan Sibolga Selatan.

Bapak Drs. Sarfi Hutahuruk, Walikota Sibolga, dalam sambutannya sendiri menyampaikan makna dan tujuan pelaksanaan MTQ. MTQ katanya, dilaksanakan untuk membentuk umat Islam yang cerdas dan memahami Islam secara benar. Sehingga diharapkan umat Islam terhindar dari paham-paham radikal dan terorisme seperti yang baru saja terjadi dan mencoreng nama baik Kota Sibolga di mata dunia.

"Al Qur'an diturunkan sebagai petunjuk untuk menciptakan manusia yang bermanfaat bagi sekalian alam (rahmatan lil alamiin). Bukan sebaliknya menjadi perusak kerukunan dan alam, sebagaimana kaum-kaum radikal," katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan hasil musabaqoh seluruh cabang musabaqoh mulai dari peringkat I sampai peringat Harapan serta juara umum yang meraih juara terbanyak selama penyelenggaraan MTQ ke-47 Kota Sibolga. Setelah acara penyerahan piala bagi para juara serta uang pembinaan, acara dilanjutkan dengan penurunan bendera MTQ ke-47 Kota Sibolga oleh paskibraka Kota Sibolga. Acara pun selesai dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Drs. Aswat Panjaitan, Ketua MUI Kota Sibolga. (adminpasibolga)