Pada hari Selasa, 26 Maret 2019, di ruang sidang Pengadilan Agama Sibolga diadakan rapat dan sosialisasi hasil pembinaan dari Ketua Mahkamah Agung pada tanggal 22 Maret 2019 dan Dirjen Badilag pada tanggal 23 Maret 2019 yang diikuti oleh Ketua, Sekretaris dan Panitera PA Sibolga.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Ibu Maharani, S.Si (Sekretaris PA Sibolga) selanjutnya dipimpin langsung oleh Bapak Mhd. Harmaini, S.Ag, SH (Ketua PA Sibolga), kemudian ditambahkan oleh Ibu Maharani, S.Si dan Ibu Hj. Madinah Pulungan, S,Ag (Panitera PA Sibolga).

Sosialisasi hasil pembinaan dari Ketua Mahkamah Agung dan Dirjen Badilag tersebut antara lain:

Ketua PA Sibolga: “Hal-hal yang tidak boleh dilakukan hakim sebagaimana pesan dari Ketua Mahkamah Agung antara lain: sikap hakim yang terkesan mengintervensi hubungan antara kuasa hukum dengan kliennya dengan mengarahkan masyarakat pencari keadilan untuk lebih memanfaatkan Posbakum ketimbang advokat, hakim memerintahkan pihak untuk mencabut gugatannya, amar perkara permohonan yang melibatkan pihak ketiga, serta perihal aktif hakim dalam menentukan kompetensi relatif dari sengketa yang melibatkan banyak asset dan terletak di beberapa yurisdiksi pengadilan; Pada perkara dispensasi kawin agar keterangan anak didengar diluar kehadiran orangtuanya sebagaimana pesan dari Hakim Agung Kamar Agama (DR. Amran Suadi, SH, M.Hum, M.M.)”

Sekretaris PA Sibolga: “Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) harus selalu berada ditempat, walaupun saat jam istirahat, makanya kemaren sudah kita buat jadwal piket ketika jam istirahat. Serta kinerja kita harus semakin ditingkatkan karena ini merupakan penilaian buat kita. Kepada tim website PA Sibolga agar lebih ditingkatkan dan diupdate lagi informasi-informasi yang ada pada website kita.”

Panitera PA Sibolga: “Kebijakan dan Regulasi Dirjen harus segera dibaca, direspon dengan cepat, dan segera diimplementasikan sehingga lingkungan Peradilan Agama tidak kalah dengan peradilan lainnya; Zona Integritas agar segera dicanangkan dan diterapkan; Kepatuhan pengisian SIPP agar selau diperhatikan oleh semua user; Website di PTA Medan dan PA se Sumatera Utara ditingkatkan dari dibawah 100 % menjadi 100% dan di update; (adminpasbga)