Pemberitahuan
  • Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Rapat Koordinasi APM Juli 2022

Sibolga, Kamis (7/7/2022), Telah dilaksanakan rapat koordinasi terkait kepengurusan dan persiapan APM yang diselenggarakan di ruang sidang Pengadilan Agama Sibolga. Rapat ini dimulai dari pukul 10.00 WIB dan berlasung kurang lebih sekitar 30 menit. Rapat ini dihadiri oleh seluruh pegawai di kantor Pengadilan Agama Sibolga guna membahas beberapa hal penting terkait APM. Salah satunya adalah pembagian tugas dan restrukturisasi tim monitoring APM yang bertujuan untuk mengikutsertakan CPNS baru dalam membantu menyiapkan hal-hal serta dokumen-dokumen pendukung APM.

Adapun rapat koordinasi ini dipimpin oleh Bapak Sujarwito, S.H., selaku sekretaris Pengadilan Agama Sibolga, lalu dilanjutkan dengan pengarahan yang disampaikan oleh Bapak Suwarlan, S.H., selaku wakil ketua Pengadilan Agama Sibolga dan Bapak M. Arif Sani, S.H.I., selaku ketua Pengadilan Agama Sibolga. Dapat disimpulkan dari rapat ini bahwa diharapkan dengan adanya tenaga baru yaitu CPNS, dapat turut serta membantu kemajuan di Pengadilan Agama Sibolga salah satunya dengan memberikan kontribusi serta perubahan-perubahan positif di lingkungan Pengadilan Agama Sibolga dalam hal ini terkait APM.

Semoga dengan diadakannya rapat koordinasi ini dapat meningkatkan efisiensi dalam menyiapkan APM dan mempererat kekompakan serta tali silaturahmi antar pegawai di lingkungan kantor Pengadilan Agama Sibolga. (FAG)

Bimtek Pelaksanaan Evaluasi Anggaran Semester I 22

Sibolga, Selasa (5/7/2022), Berdasarkan pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 22/PMK.02/2021 tanggal 15 Maret 2022 Tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Anggaran Atas Pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Negara dan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2022 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran Belanja Kementerian Negara/Lembaga. Oleh karena itu, Badan Direktur Jenderal Peradilan Agama melakukan Bimbingan Teknis Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Anggaran Semester I (Triwulan II) Tahun Anggaran 2022 melalui Aplikasi SMART DJA dan Evaluasi Nilai IKPA Triwulan II tahun anggaran 2022, diikuti oleh bagian kesekretariatan empat lingkungan peradilan yang berada di wilayah Indonesia, dilaksanakan pada media center masing-masing satuan kerja, yang diadakan selama 2 hari dari hari Selasa, tanggal 5 Juli 2022 sampai dengan hari Rabu, tanggal 6 Juli 2022. Selain itu bimbingan teknis yang diadakan oleh Badan Direktur Peradilan Agama juga menyampaikan mengenai langkah-langkah strategis dalam meningkatkan nilai IKPA yang optimal pada triwulan II tahun anggaran 2022 dengan tetap berpedoman kepada peraturan Menteri Keuangan Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja Anggaran atas Pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga. (AL)

Apel Sore, Jum'at 1 Juli 2022

 Apel Sore Jumat 1 Juli 2022

Sibolga, Jum'at (1/7/2022), Mendekati jam pulang kerja pukul 17.00 WIB, seluruh pegawai Pengadilan Agama Sibolga berkumpul dengan semangat untuk melaksanakan apel di Jum'at sore. Apel kali ini dipimpin oleh Bapak M. Arif Sani, S.H.I., selaku Ketua Pengadilan Agama Sibolga.

Keadaan cuaca terlihat terik cerah menemani apel sore kali ini.  Apel ini di ikuti oleh seluruh pejabat struktural beserta pegawai pada Pengadilan Agama Sibolga. Dalam apel ini disampaikan apresiasi kepada seluruh pegawai yang telah memberikan yang terbaik dalam melakukan pekerjaan khususnya dalam hal melayani masyarakat dan para pencari keadilan selama minggu ini. Tak lupa juga beliau menyampaikan agar kita selalu menjaga performa dalam melaksanakan pekerjaan agar tetap prima serta senantiasa menjaga kondisi tubuh dan kesehatan agar tetap prima dalam bekerja. Demikian apel yang cukup singkat ini selesai dilaksanakan. Setelah selesai apel sore, seluruh pegawai Pengadilan Agama Sibolga segera merapihkan meja kerjanya dan menyelesaikan pekerjaan apabila ada yang belum selesai lalu mengisi daftar hadir pulang.

Selamat beristirahat dan berakhir pekan agar dapat kembali bekerja di hari Senin kelak dengan semangat yang membara dan kesehatan yang prima. (FAG)

Sibolga, Jum'at (1/7/2022), diadakan Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis melalui Bimbingan Teknis yang diadakan oleh Badan Peradilan Agama. Bimbingan Teknis dilakukan pukul 08.30 WIB pada media center satuan kerja masing-masing  mengenai Bedah Berkas Perkara Kewarisan, yang dihadiri oleh seluruh Peradilan Agama di wilayah Indonesia. Penyambutan pembukaan bimbingan teknis dilakukan oleh Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, SH., MH., selaku Direktur Jenderal Peradilan Agama dan selanjutnya materi disampaikan oleh Yang Mulia Dr. H. Edi Riadi, SH., MH., selaku Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung RI.

Bimtek Bedah Berkas Kewarisan 22

Adapun pembahasan bimbingan teknis kali ini ialah membahas mengenai putusan-putusan yang sudah terdahulu diputus oleh para hakim dan membahasnya berdasarkan pendapat dan pengetahuan dari masing-masing hakim perwakilan satuan kerja yang ikut serta dalam bimbingan teknis ini. Hal lainnya yang juga dibahas ialah aspek-aspek penting dalam penyusunan berkas perkara kewarisan yang terdiri dari penentuan pihak, keaktifan hakim, pembebanan pembuktian, dan penyusunan putusan serta berbagai macam problematika yang ditemui selama ini oleh hakim dan beberapa solusi penyelesaian yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan problematika tersebut.

Semoga dengan diselenggarakannya acara kegiatan bimbingan teknis secara berkala seperti ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta membawa manfaat bagi kita semua. (AL/FAG)

 

Sibolga, Selasa (28/6/2022), telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pengadilan Agama Sibolga dengan Dinas Kesehatan Kota Sibolga. Adapun isi dari MoU ini memuat isi tentang Upaya Promotif-Preventif untuk Menekan Angka Pemohonan Dispensasi Perkawinan melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi, Kesiapaan Fisik, Mental, dan Ekonomi bagi Pemohon Dispensasi Kawin.

Penandatanganan MoU Dinkes PA 1

Kerja sama tersebut merupakan wujud komitmen bersama antara Pengadilan Agama Sibolga (selaku instansi yang berwenang menerima dan mengadili perkara permohonan dispensasi kawin) dan Dinas Kesehatan Kota Sibolga (selaku instansi yang bertanggung jawab terhadap terjaminnya kesehatan masyarakat) untuk menekan angka perkawinan anak. Dengan ditandatanganinya MoU tersebut, ke depannya para pihak yang hendak mengajukan permohonan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Sibolga harus mengikuti tahap ekstra, yakni sosialisasi dan edukasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kota Sibolga terlebih dahulu. Dinas Kesehatan akan memberikan edukasi kesehatan reproduksi serta edukasi pentingnya kesiapan fisik, mental, dan ekonomi dalam menjalani perkawinan.

Penandatanganan MoU Dinkes PA 2

Sebab berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 jumlah pernikahan dini atau pernikahan anak pada tahun 2020 sebanyak 11,48 % persen. Kemudian pada tahun 2020 menurun walaupun tidak signifikan yaitu 10,18 persen. Pernikahan anak banyak terjadi di wilayah pedesaan dibandingkan perkotaan. Fenomena tersebut juga dapat dilihat dari jumlah perkara permohonan dispensasi kawin yang terdaftar di Pengadilan Agama Sibolga. Oleh karena itu, Mahkamah Agung, dalam hal ini Direkorat Jenderal Badan Peradilan Agama melalui surat nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022, menginstruksikan kepada Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh/Ketua Pengadilan Tinggi Agama dan Ketua Mahkamah Syar’iyah/Ketua Pengadilan Agama untuk berkoordinasi dan melaksanakan perjanjian kerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat. (AN/FAG)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sibolga

Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota

Kota Sibolga - Sumatera Utara

Kode Pos : 22523

Whatsapp : 081375197745

Telp - Fax :  (0631) 22669

Email : pasibolga@pa-sibolga.go.id

Fb: PA SIBOLGA

Jam Pelayanan

           HARI               JAM KERJA     JAM ISTIRAHAT  
 SENIN - KAMIS      08.00 - 16.30        12.00 - 13.00
 JUMAT      08.00 - 17.00        12.00 - 13.30
SABTU - MINGGU  TUTUP
JAM KERJA DI BULAN RAMADHAN
HARI JAM KERJA JAM ISTIRAHAT
SENIN - KAMIS 08.00 - 15.00 12.30 - 13.00
JUMAT 08.00 - 15.30 12.30 - 13.30
SABTU - MINGGU TUTUP
  • 0_mertua-Panitera-2023.png
  • BANNER-KPA-2023.png
  • SELAMAT--SUKSES-JS-2023.png
  • SELAMAT--SUKSES-KASUB-KEPEG-2023.png
  • SELAMAT--SUKSES-Panitera-2023.png